Bervariasinya fatwa fikih yang beredar ditengah masyarakat merupakan dampak dari beragamnya metode dalam pengambilan hukum fikih. Dr. `Abdul Ilah bin Husain Al `Arfaj dalam bukunya yang berjudul Al-Manahij Al-Fiqhiyyah Al-Mu`ashirah menyebutkan bahwa dewasa ini terdapat tiga corak metode dalam pengkajian fikih; yang pertama Metode Mazhabi, yang kedua Metode Salafi dan yang terakhir Metode Taisiri.

Pengklasifikasian tersebut berdasarkan konsep yang diusung oleh masing-masing manhaj. Bagi kita orang awam, tentu lebih mudah mengenali perbadaan yang ada dengan memperhatikan ciri-ciri luar dari setiap manhaj. Diantara ciri-ciri setiap manhaj adalah sebagai berikut:

Manhaj Salafi

Manhaj Salafi tidak hanya muncul sebagai manhaj yang berorientasi pada permasalah akidah, namun manhaj ini juga ikut merambah ranah fikih. Slogan manhaj ini yang terkenal adalah kembali ke Alquran dan Sunah atau sesuai pemahaman salaf saleh. Diantara konsep fikih yang diusung oleh manhaj ini adalah mengembalikan semua persoalan fikih pada ijtihad salaf saleh terhadap Alquran dan Sunah, lalu menolak taqlid pada mazhab fikih. Bahkan dalam beberapa sumber, manhaj ini menganjurkan untuk istinbat dari Alquran dan Sunah secara langsung. 

Diantara tokoh ulama kontemporer yang mewakili manhaj ini adalah Syekh Albani رحمه الله . Dalam salah satu rekaman audio, Silsilatul Huda wan Nur no. 517, beliau ditanya terkait hukum seorang penuntut ilmu yang mengikuti mazhab fikih. Beliau menjawab bahwa mempelajari fikih melalui metode mazhab merupakan sebuah bala (bencana), karena menurut beliau seorang muslim mesti manggali hukum Allah langsung dari sumber aslinya.

Namun jika lingkungan tempat tinggalnya menganut paham bermazhab, maka ini termasuk kondisi darurat yang membolehkannya untuk sementara waktu memahami hukum Allah melalui kitab-kitab mazhab fikih. Apabila seorang muslim tinggal di lingkungan yang tidak mengikuti mazhab, namun langsung mengambil hukum dari Alquran dan Sunah -walaupun ini sangat jarang- maka muslim tersebut tidak boleh mengambil hukum Allah dari kitab mazhab. Berikut transkripsi dari jawaban beliau:

السائل : سؤاله الأول يقول يسأل عن لزومية إتباع الشاب المتعلم مذهبا حتى يغزر علمه و يشتد عوده فيميز الخبيث من الطيب فما رأيك بتصور هذه معروفة يسمع منك ما ننقل منه يعني ماذا ننقله يعني

الشيخ : … فلا بد له أن تكون دراسته مذهبية على الأقل أن تكون دراسته إبتداءا مذهبية لأنه لا سبيل لطلب العلم الشرعي في مثل ذاك المجتمع إلا على هذا الأسلوب المذهبي ونقترح على من أبتلي من الشباب بمثل هذا المجتمع الذي لا يساعده إلا على هذه الدراسة المذهبية أن يضع نصب عينيه أن لا يعتقد أن هذه الدراسة تساوي قال الله قال رسول الله و إنما هو مذهب من مذاهب المتبعة لدى أهل السنة في هذا العصر هذا من كان عايشا في مجتمع هذه صفته أما من كان يعش في مجتمع و هذا يكاد أن يكون نادرا في أكثر البلاد الإسلامية خاصته علماؤه لا يتبعون مذهبا معينا إنما يتبعون الكتاب و السنة سواء كان مع زيد أو بكر من الأئمة فينبغي أن يكون و الحالة هذه دراسة هذا الشاب من كتب غير مذهبية…

Baca juga:  Desekularisasi Ulama

Untuk produk istinbat, manhaj ini menghasilkan istinbat fikih yang beragam, mulai dari yang berat sampai yang ringan, seperti haramnya memakai cincin emas bagi perempuan (Adab Zafaf, karangan Syekh Albani, cet. maktab Islami, Bairut, hal. 222), tidak boleh salat tarawih lebih dari sebelas rakaat (Salat Tarawih, karangan Syekh Albani, Maktabah Islamiyah, Yordania, hal. 22), boleh qasar dan jamak salat fardu bagi musafir sampai batas waktu yang tidak ditentukan walaupun telah sampai tujuan, selama si musafir tidak meniatkan untuk menjadi mustauthin didaerah tersebut (diambil dari fatwa Syekh Al `Utsaimin yang dipublikasikan melalui situs resmi beliau, Fatawa Nur), dsb,

Manhaj Taisiri

Dinamakan manhaj ini dengan taisiri karena berorientasi pada semangat kemudahan (taisiri). Konsep yang diusung oleh manhaj ini adalah pengambilan hukum fikih yang didasari pertimbangan maqasid, kebutuhan zaman dan tidak memberatkan.

Manhaj ini memiliki persamaan dengan manhaj sebelumnya (manhaj salafi), sama-sama tidak merekomendasikan taqlid pada mazhab fikih. Dua manhaj ini jika kita telusuri lebih jauh akan bermuara pada gagasan haramnya taqlid. Diantara ulama dan tokoh yang mempopulerkan gagasan ini adalah, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Syekh Ibnu Qayyim Al Jauziyah, Imam Syaukani, Syekh Muhammad Rasyid Ridha dan Syekh Siddiq bin Hasan Al Qannuji. Pada zaman Syekh Muhammad Rasyid Ridha, manhaj ini dikenal dengan manhaj `Aqlani atau Ishlahi. Diantara tokoh ulama kontemporer yang mewakili mazhab ini adalah Syekh Al Qaradhawi حفظه الله . 

Dalam buku yang berjudul Al Ijtihad fi As Syari`ah (cet. Dar Qalam, Kuwait, hal. 115), beliau menolak mengambil pendapat para ulama mazhab sebelum meneliti kualitas dalil yang dipakai, bahkan beliau memandang hal tersebut sebagai bentuk taqlid buta, yang baginya bertentangan dengan semangat ijtihad yang beliau yakini. Disamping itu, beliau juga menekankan pentingnya konsep baru dalam berijtihad, yang mengacu pada komparasi dalil mazhab, pertimbangan maqashid, memperoleh maslahah, menjauhi mafsadah dan memilih yang lebih ringan. Berikut penuturan baliau:

ولست مع الذين يقولون: إن أي رأي فقهي نقل إلينا عن أحد المجتهدين نقلا صحيحا يجوز لنا أن نأخذ به دون بحث عن دليله، وخصوصا إذا كان منسوبا إلى أحد المذاهب المتبوعة.

فالواقع أن مثل هذا الأخذ تقليد محض، وليس: من الاجتهاد الذي ندعو إليه في شيء، لأنه مجرد أخذ قول غير المعصوم، بلا حجة.

إنما الذي ندعو إليه هنا: أن نوازن بين الأقوال بعضها وبعض، ونراجع ما استندت إليه من أدلة نصية أو اجتهادية، لنختار في النهاية ما نراه أقوى حجة وأرجح دليلا، وفق معايير الترجيح، وهي كثيرة، ومنها: أن يكون القول أليق بأهل زماننا، وأرفق بالناس، وأقرب إلى يسر الشريعة، وأولى بتحقيق مقاصد الشرع، ومصالح الخلق، ودرء المفاسد عنهم.

Baca juga:  Mari Kaya Bersama

Dalam buku yang sama, halaman 175, beliau menyebutkan bahwa ada tiga corak utama dalam ijtihad. Corak pertama bersifat mengekang dan kaku. Diantara yang mewakili corak ini adalah madrasah mazhabi. Syekh Al Qaradhawi menggambarkan madrasah fikih sebagai paham yang mewajibkan penganutnya untuk mengamalkan mazhab tertentu dan tidak boleh keluar dari mazhab yang telah dipilih. Diakhir paragraf beliau sampaikan bahwa penganut paham madrasah mazhabi hanya berpedoman pada nas-nas ulama terdahulu dan menutup diri dari ijtihad, sehingga mereka tidak mempu menghadapi permasalah-permasalah muamalat kontemporer. Berikut penuturan beliau:

وإذا نظرنا إلى اتجاهات الاجتهاد، يمكننا أن نقول: أن هناك ثلاثة اتجاهات أساسية بهذا الاعتبار:
تجاه التضييق والتشديد، وهذا يمثله مدرستان:
الأولى: المدرسة المذهبية
المدرسة المذهبية التي لا تزال تؤمن بوجوب اتباع مذهب معين لا يجوز الخروج عنه، ويجب الاجتهاد للمسائل الجديدة في إطاره، وتخريجا على أقوال علمائه، وبخاصة المتأخرين منهم، مثل شراح الهداية، والكنز، والتنوير من الحنفية، وشراح خليل والرسالة من المالكية، وشراح المنهاج، وأبي شجاع من الشافعية، وشراح الإقناع والمنتهى من الحنابلة. وهؤلاء إذا سئلوا عن معاملة جديدة لابد أن يبحثوا لها عن نظير في كتب المذهب، أو المذاهب المتبوعة، فإذا لم يجدوا لها نظير أفتوا بمنعها، كأن الأصل في المعاملات الحظر، إلا ما أفتى السابقون بإباحته!

Diantara produk istinbat fikih manhaj ini adalah seorang muslim berhak mendapatkan warisan saudaranya yang nonmuslim (الفتاوى الشاذة معاييرها و تطبيقاتها و أسبابها و كيف نعالجها و نتوقاها , karangan Syekh Al Qaradhawi, Dar Syuruq, Mesir, hal 109), boleh bagi seorang muslim yang tinggal di Barat, meminjam uang dengan cara riba melalui bank untuk membangun rumah (الفتاوى الشاذة معاييرها و تطبيقاتها و أسبابها و كيف نعالجها و نتوقاها, karangan Syekh Al Qaradhawi, Dar Syuruq, Mesir, hal. 115), dsb.

Manhaj Mazhabi

Manhaj ini menekankan pentingnya bermazhab fikih, hal ini ditujukan pada orang muslim yang belum sampai tingkatan mujtahid mutlak. Diantara ulama kontemporer yang mewakili manhaj ini adalah Syekh Sa`id Ramadhan Buthi رحمه الله . Terkait konsep bermazhab telah beliau jelaskan panjang lebar dalam buku yang berjudul Allamazhabiyah.

Manhaj ini sebenarnya merupakan manhaj yang diusung oleh mayoritas ulama Ahlussunnah wal Jama`ah, mulai dari zaman awal munculnya mazhab sampai sekarang. Manhaj ini diwakili oleh ulama-ulama terkemuka, diantaranya Imam Al Juwaini, Hujjatul Islam Al Ghazali, Imam Baihaqi, Ibnu Shalah, Imam Nawawi, Imam Fakhruddin Ar Razi, Al Hafiz Ibnu Hajar Al `Asqalani dan Imam Zarkasyi.
Cukuplah kitab Al Majmu` karangan Imam Nawawi, Al Mughni karangan Imam Ibnu Qudamah dan Bidayatul Mujtahid karangan Imam Ibnu Rusd Al Hafid sebagai contoh produk untuk manhaj ini.[]

Komentar