Apa arti dari kata id ?

Id berasal dari kata ‘aud yang berarti kembali. Dinamakan dengan id karena hari raya selalu berulang-ulang setiap tahun. Atau karena banyaknya pahala dari Allah untuak hamba-Nya.

Kapan id disyariatkan ?

Idul fitri dan Idul Adha disyariatkan pada tahun kedua hijriyah. Nabi pun melakukan salat id pertama kali pada tahun tersebut.

Apa hukum melaksanakan salat id ?

Hukum salat id adalah sunah muakadah. Pelaksanaannya dilakukan secara berjamaah dan sendirian. Namun yang lebih afdal dilaksanakan secara berjamaah. Kemudian, tidak disunnahkan azan dan iqamah sebelum pelaksanaan salat.

Kapan salat id dilaksanakan ?

Waktu pelaksanaan salat id dimulai dari terbitnya matahari sampai masuk waktu zuhur. Disunnahkan untuk mengakhirkannya sampai awal waktu duha, yaitu saat matahari mulai naik.

Bagaimana tata cara pelaksanaan salat id ?

Salat id berjumlah dua rakaat. Salat id yang sempurna dimulai dari niat dan takbir. Kemudian setelah takbiratulihram meembaca doa iftitah. Selanjutnya disunnahkan takbir tujuh kali selain takbiratulihram di rakaat pertama dan lima kali di rakaat kedua selain takbir berdiri dari sujud sebelum membaca surat fatihah. Disunnahkan juga untuk membaca di setiap sesudah takbir bacaan tasbih, tahmid, tahlil dan takbir. Dengan lafadz sebagai berikut :

Baca juga:  Beragama  dengan Wahyu atau Logika?

سبحان الله و الحمد لله  و لا اله الا الله  و الله أكبر

Jika imam atau oraang yang salat sendirian lupa melaksanakan takbir tersbut maka tidak harus melakukan sujud sahwi. Karena takbir tersebut adalah sunah haiah yang tidak mengharuskan sujud sahwi yang meninggalkannya.

Apa hukum khotbah id dan bagaimana tata caranya ?

Khotbah id hukumnya sunah dan dilaksanakan setelah melakukan salat id. Khotbah id sama dengan khotbah jumat baik rukun dan sunah-sunahnya. Dalam khotbah id ada sunah tambahan yaitu membaca takbir sembilan kali pada khotbah pertama dan tujuh kali pada khotbah kedua. Hukum mendengarkan khotbah bagi jamaah hukumnya sunah, namun dimakruhkan langsung meninggalkan tempat tanpa mendengarkan khotbah.

Baca juga:  Bagi yang Ingin Berhenti Merokok, Ramadhan adalah Momentum

Dimana salat id dilaksanakan ?

Salat id boleh dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka. Yang paling afdal adalah tempat yang bisa memuat orang banyak.

Kapan disunahkan takbir hari raya dan apa lafadznya ?

Khusus idul fitri takbir hari raya tidak disunahkan membacanya setelah salat namun disunahkan membaca takbir tersebut secara mutlak sejak waktu maghrib malam hari raya sampai imam takbiratulihram salat id. Berikut lafadz takbir saat hari raya :

الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا اله الا الله ،الله أكبر، الله أكبر ولله الحمد

Komentar