Pada awalnya tidak pernah terpikirkan untuk terlibat dengan anak-anak muda yang energik yang penuh dengan semangat keilmuan yang luar biasa. Berawal dari silaturrahim ketika di Bogor dengan Alex Medani dan Fadlli Ilhami Samar alumni MST tahun 2006. Anak-anak muda yang sekarang sedang menyelesaikan pendidikan S2 nya. Alex telah menyelesaikan S2 nya di UIN Medan dan sedang menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Sumatera Utara, sedangkan Fadlli Ilhami Samar alumni Al Azhar Cairo dan sedang S2 di UIN Jakarta. Dialog-dialog yang berlansung dari jam 17.00 dan berakhir pada pukul 00.20 WIB itu penuh dengan diskusi-diskusi yang menurut saya syarat dengan isi.

Kegelisahan sebagai anak-anak muda yang peduli dengan kondisi kekinian tentang berbagai sisi kehidupan mengerucut pada bagaimana kembali membangun silaturrahim yang telah terputus dari mereka-mereka yang satu almamater di Madrasah Sumatera Thawalib dulunya. Sebagai seorang yang pernah ada pada masa mereka sekolah dulu di Madrasah itu  tentu saja saya sangat mendorong mereka bisa membangun sebuah sarana yang bisa menjembatani. Ketika itu tercetuslah ide untuk bisa membangun suasana baru dengan menyambungkan silaturrahim itu dengan membuat sebuah blog yang menampung pemikiran-pemikiran tentang kepedulian para alumni terhadap berbagai aspek. Ide ini terus bergulir bak gayung bersambut, ide ini juga direspon luar biasa oleh Fadhli Lukman, anak muda yang akan melanjutkan jenjang pendidikan S3 nya ke Jerman.

Baca juga:  Surau nanko Virtual

Saya tidak menyangka kalau apa yang dibicarakan saat itu akan terealisasi dengan cepatnya. Wajar dan sudah menajadi kebiasaan kadang ide-ide brilian itu hanya tinggal di tataran wacana saja. Dugaan itu ternyata salah. Ide tersebut ternyata  langsung di godok di dapur Whatsapp yang konon terbangun seketika antara beberapa orang yang sangat merindukan ada sarana seperti itu. Adri Syahrizal, DR. Riki Saputra, Fadhli Lukman, Rahmat Fauzi, Abdullah Zaki Al-Humaidi, Fadlli Ilhami Samar, Rahmatul Qadri, Alex Medani, M. Rizqi, MA, Ulfa Rahmi Ananda, Albert Kurnia, Kuni Afifah, Alfi Husni, Ahwazi Anhar, Khairul Asdiq dan Bahrul Hamdi.  Wacana yang awalnya adalah sebuah blog akhirnya ditingkatkan menjadi sebuah Website.

Baca juga:  Semangat Berkumpul dan Produktif

Madrasah yang sudah berumur 100 tahun ini telah menghadirkan ribuan alumni dan telah banyak melahirkan tokoh-tokoh yang berkiprah di tingkat lokal, regional, nasional dan bahkan internasional. Namun menurut saya tidak banyak masyarakat umum yang mengetahui tentang kiprah, ide dan pemikiran mereka dalam berkontribusi membangun peradaban negeri ini (mudah-mudahan pendapat saya ini keliru). Belum ada rasanya sebuah media yang bisa dijadikan sarana untuk bisa membaca tulisan tulisan yang telah dihasilkan.  Tentu saja sangat banyak karya-karya yang telah pernah ditorehkan. Tentu saja Website yang diluncurkan ini setidaknya akan menjadi sebuah perpustakaan digital sesuai dengan perkembangan tekhnologi saat ini dan akan bisa berkembang untuk sesuatu yang lebih dahsyat lagi.

Selamat atas hadirnya Website ini, semoga kemunculannya tidak sebuah euforia semata, tetapi bisa berkembang dengan baik dan memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk siapa saja yang membaca dan mengambil manfaat darinya.

Wassalam,

Ardinal Bandaro Putiah

https://www.facebook.com/ardinal.bandaroputiah

Komentar

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.